TAHUKAH KAMU?

kini

1. Mengapa Alkohol Tidak Membeku?

Alkohol dapat membeku, tetapi hanya pada temperatur sangat rendah. Titik beku air adalah 0°C, sementara titik beku alkohol ada di angka -114°C. Lemari pembeku yang tersedia di pasaran saat ini hanya memiliki suhu terendah -50 hingga -90°C. Tentu saja ini belum cukup untuk membekukan alkohol. Lemari es untuk kebutuhan rumah tangga umumnya memiliki freezer dengan suhu hanya sekitar -10°C. Itu sebabnya, kamu sangat sulit melihat alkohol membeku. Namun, alkohol dapat dibekukan dengan menambahkan nitrogen cair (LN2).

2.    Mengapa Setiap Telur Memiliki Kuning Telur?

Beberapa jenis hewan berkembang biak dengan bertelur. Pada telur yang sudah dibuahi, kuning telur merupakan tempat janin berkembang. Selama proses pembentukan hingga siap menetas, janin mendapatkan makanan dari kuning telur yang mengandung vitamin, kalsium, dan nutrisi penting lain untuk tumbuh dengan baik. Saat janin terus berkembang, kuning telur akan mengecil. Jadi, kuning telur merupakan cadangan makanan untuk janin karena tidak mendapat nutrisi secara langsung dari induknya.

3.    Mengapa Popcorn ‘Meletup’?

Banyak orang yang suka menyantap popcorn di saat santai. Tak hanya enak dimakan, proses pembuatan popcorn juga menarik diamati. Suara letupan keras menjadi ciri khasnya. Mengapa bisa begitu? Jawabnya, tiap butir jagung mengandung air. Saat dipanaskan, air ini ikut menjadi panas sehingga berubah bentuk menjadi uap. Akibatnya, tekanan di dalam butir jagung meningkat dan akhirnya, meletup. Letupan ini juga membuat bagian dalam biji jagung berada di luar sehingga terlihat berwarna putih.

4.    Mengapa Minuman Panas Menjadi Dingin Saat Ditiup?

Segelas teh atau cokelat panas tentu sangat nikmat. Namun, kita sering menjadi tak sabar menunggunya dingin. Salah satu yang sering kita lakukan adalah meniup minuman panas yang ada di gelas.
Minuman panas sebenarnya juga melepaskan panas ke udara. Sayangnya, udara di atas gelas berisi minuman panas juga telah memanas. Akibatnya, tercipta semacam gumpalan udara yang menghalangi proses pelepasan panas. Meniup akan menyingkirkan penghalang tersebut sehingga udara dingin akan mengalir dan membantu proses pendinginan. Tak lama, udara di atas gelas akan kembali menjadi hangat. Itu sebabnya, tarik napas dalam-dalam, lalu tiup kembali.

Diambil dari buku – 265++ Pertanyaan Sains Paling Seru dan Norak

melwin.siboro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *