PANDUAN LENGKAP MASUK SEKOLAH KEDINASAN

Kuliah adalah impian hampir semua remaja usia sekolah. Namun, masalah biaya serta sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan menjadi kendala. Beberapa anak berprestasi bahkan lebih memilih bekerja sebagai buruh pabrik, karena orang tua tidak mampu membiayai pendidikan mereka di perguruan tinggi.

Oleh karena itu, banyak siswa yang menjelang lulus lebih melirik pada sekolah tinggi kedinasan. Sebagian besar sekolah tinggi kedinasan menawarkan kuliah tanpa biaya alias gratis, bahkan mendapatkan uang saku tiap bulan, karena sebagian besar biaya perkuliahan sekolah kedinasan ditanggung oleh pemerintah, dalam hal ini instansi yang menaungi. Selain itu, alumni yang dicetak dari sekolah tersebut langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di instansi terkait. Hal inilah yang menjadi keunggulan sekolah tinggi kedinasan dibandingkan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi lain.

Karena jumlah mahasiswa yang diterima terbatas, padahal peminat begitu besar, seleksi mahasiswa sekolah tinggi kedinasan tergolong sangat ketat. Syarat-syarat untuk masuk sekolah tinggi kedinasan lebih berat dibandingkan perguruan tinggi lain. Sejumlah sekolah tinggi kedinasan bahkan menerapkan sistem drop out (DO) bila mahasiswanya tidak mencapai indeks prestasi tertentu. Karena persaingan ketat inilah, siswa harus jeli dalam memilih sekolah tinggi kedinasan yang sesuai dengan kemampuan diri serta harus mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi berbagai ujian saringan masuk sekolah tinggi tersebut.

Buku ini memberikan informasi secara lengkap mengenai berbagai sekolah tinggi kedinasan favorit, mulai dari sejarah singkat, visi dan misi, fasilitas, syarat dan prosedur pendaftaran, jenis ujian masuk yang diterapkan, dan alamat sekolah. Selain itu, buku ini menyajikan beragam tip dan trik masuk sekolah kedinasan berdasarkan pengalaman dari alumni dan wawancara dengan mahasiswa sekolah kedinasan.

Untuk mendukung persiapan masuk sekolah kedinasan, diberikan pula contoh soal berbagai bentuk tes yang sering diujikan serta panduan lolos TPA dan psikotes. Selain itu, buku ini juga dilengkapi CD yang berisi soal-soal yang pernah keluar dalam ujian saringan masuk berbagai sekolah kedinasan favorit, sebagai sarana untuk berlatih. Dengan begitu, buku ini 100% bisa dijadikan sebagai senjata ampuh untuk masuk ke sekolah tinggi kedinasan.

 

Diambil dari buku – PANDUAN LENGKAP MASUK SEKOLAH KEDINASAN