Hari Pahlawan 10 November 2017

Hari ini, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945.

Terjadinya peperangan besar-besaran antara tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerderkaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Pertempuran Surabaya jadi perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Juga jadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Continue reading

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

sumber

 

Lowongan Kerja Tukang Pola, Potong, dan Penjahit Busana Muslimah

URGENTLY REQUIRED

Dicari tenaga profesional untuk bergabung diperusahaan kami sebagai :

Tukang Pola, Potong, dan Penjahit Busana Muslimah
 


Kualifikasi :

  1. Pria  atau wanita
  2. Usia maksimal 45 tahun
  3. Berpengalaman membuat pola pakaian wanita
  4. Berpengalaman menggunakan mesin jahit merk apapun
  5. Lebih diutamakan bisa membuat pola, potong, dan jahit
  6. Jujur, disiplin, dan pekerja keras

Segera antar langsung atau kirimkan CV dan lamaran kepada :
MAROON STYLE
CQ. EMMY PUSPA
PERUMAHAN JATIJAJAR BLOK D 12 NO.1
TAPOS, DEPOK
Telp: (021) 87745418/87753503
Email: emmy_puspa@yahoo.com
Website: www.maroonstyle.com

1 Juni Hari Lahirnya Pancasila

Menjelang kekalahan Tentara Kekaisaran Jepang di akhir Perang Pasifik, tentara pendudukan Jepang di Indonesia berusaha menarik dukungan rakyat Indonesia dengan membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan” atau BPUPKI, yang kemudian menjadi BPUPKI, dengan tambahan “Indonesia”).

Badan ini mengadakan sidangnya yang pertama dari tanggal 29 Mei (yang nantinya selesai tanggal 1 Juni 1945).Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara. Rapat pertama ini diadakan di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung tersebut merupakan gedung Volksraad (bahasa Indonesia: “Perwakilan Rakyat”).

Setelah beberapa hari tidak mendapat titik terang, pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakannya “Pancasila”. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu diterima secara aklamasi oleh segenap anggota Dokuritsu Junbi Cosakai.

Selanjutnya Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk Panitia Kecil untuk merumuskan dan menyusun Undang-Undang Dasar dengan berpedoman pada pidato Bung Karno tersebut. Dibentuklah Panitia Sembilan (terdiri dari Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin) yang ditugaskan untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai Dasar Negara berdasar pidato yang diucapkan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, dan menjadikan dokumen tersebut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah melalui proses persidangan dan lobi-lobi akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Bung Karno tersebut berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945, yang disahkan dan dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

Dalam kata pengantar atas dibukukannya pidato tersebut, yang untuk pertama kali terbit pada tahun 1947, mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebut pidato Ir. Soekarno itu berisi “Lahirnya Pancasila”.

”Bila kita pelajari dan selidiki sungguh-sungguh “Lahirnya Pancasila” ini, akan ternyata bahwa ini adalah suatu Demokratisch Beginsel, suatu Beginsel yang menjadi dasar Negara kita, yang menjadi Rechtsideologie Negara kita; suatu Beginsel yang telah meresap dan berurat-berakar dalam jiwa Bung Karno, dan yang telah keluar dari jiwanya secara spontan, meskipun sidang ada dibawah penilikan yang keras dari Pemerintah Balatentara Jepang. Memang jiwa yang berhasrat merdeka, tak mungkin dikekang-kekang! Selama Fascisme Jepang berkuasa dinegeri kita, Demokratisch Idee tersebut tak pernah dilepaskan oleh Bung Karno, selalu dipegangnya teguh-teguh dan senantiasa dicarikannya jalan untuk mewujudkannya. Mudah-mudahan ”Lahirnya Pancasila” ini dapat dijadikan pedoman oleh nusa dan bangsa kita seluruhnya dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan Kemerdekaan Negara.”

Lowongan Kerja Staf Akuntansi

URGENTLY REQUIRED

Dicari tenaga profesional untuk bergabung diperusahaan kami sebagai :

STAFF AKUNTANSI


Kualifikasi :

  1. Pendidikan S1 Accounting
  2. Memahami siklus Accounting (G/L, A/P, A/R, Fixed Asset) dan Budget Control
  3. Lebih disukai memiliki pengalaman di bidang Akuntansi
  4. Komunikatif dan inovatif
  5. Jujur, teliti, dinamis, gesit, bias bekerja sama dengan tim

Tanggung Jawab Jabatan :

  1. Memeriksa dan melakukan verifikasi terhadap seluruh data transaksi perusahaan (misal: data voucher dan invoice dari site, coding/accounts, dan sebagainya)
  2. Melaksanakan input harian transaksi
  3. Menyusun rekonsiliasi bank
  4. Berkoordinasi dengan Manager Akuntansi untuk menyiapkan data pendukung, menyusun laporan akuntansi
  5. Mempersiapkan data dan dokumen pendukung untuk keperluan audit terkait (misal kelengkapan voucher, invoice, dokumen pendukung dari bank dan lain-lain) yang dilakukan oleh audit pemerintah maupun audit eksternal

Apabila memenuhi persyaratan di atas segera kirimkan CV dan portofolio kepada kami :
PUSPA SWARA
CQ. EMMY PUSPA
PERUMAHAN JATIJAJAR BLOK D 12 NO.1
TAPOS, DEPOK
Telp: (021) 87745418/87753503
Email: hrd@puspa-swara.com
Website: www.puspa-swara.com