SERI PINTAR MENULIS

“Anak saya umurnya sudah 5 tahun, namun tulisannya masih jelek dan sulit sekali terbaca. Padahal tiga bulan lagi ia akan masuk SD favorit. Saya khawatir, ia tidak lolos tes masuk SD.”
Kekhawatiran di atas tentu kerap dirasakan para orang tua. Apalagi saat ini banyak SD yang mensyaratkan anak sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung untuk dapat diterima di sekolah tersebut. Ditambah lagi, anak yang belum berusia 6 tahun sudah dapat diterima di beberapa SD tertentu. Nah, bagaimana kita menyiapkan buah hati kita?
Untuk itu, kita perlu mengenal tahapan normal perkembangan membaca dan menulis pada anak.
Usia 2-4 tahun
Pada usia ini, anak mulai mempelajari keterampilan motorik halus yang akan berguna untuk belajar menulis nantinya (pre-writing skills). Keterampilan-keterampilan tersebut misalnya belajar menarik garis, menggambar lingkaran, menghubungkan titik-titik, dan mewarnai. Gunakan alat tulis dengan pegangan gemuk agar lebih mudah dipegang oleh anak.
Usia 4-5 tahun
Usia taman kanak-kanak adalah usia yang baik untuk memperkenalkan dasar-dasar baca-tulis (pre-reading skills), yakni dengan mengenalkan huruf dan angka. Pada usia ini, anak akan makin terbiasa menggunakan alat tulisnya. Untuk menunjang keterampilan menulis, anak dapat berlatih menghubungkan titik-titik untuk membentuk huruf dan angka.
Usia 6-7 tahun
Pada usia ini, anak sudah mahir memegang pensil atau pena serta mahir menulis dengan tulisan yang dapat dibaca.
Nah, seri buku Pintar Menulis Huruf Kecil, Huruf Besar, Hurus Sambung, dan Huruf Arab mampu menyiapkan putra-putri Anda dalam menguasai keterampilan menulis sebelum masuk SD.

melwin.siboro

Leave a Reply